Monday, February 3, 2020

ketekunan dan kedisiplinan


Rangkaian singkat vidio kedua ( karate kid )


Dalam cuplikan singkat vidio kareta kid adalah soal ketekunan atau kedisiplinan tanpa kita sadari dengan kita selalu tekun memperbanyak jam terbang dan hasil yang akan kita dapat kan atau kita rasakan nanti di kemudian hari Banyak pembelajaran yang bisa kita petik dari cuplikan film yang telah di tayangkan,
Selain itu, point pembelajaran bermakna yang saya dapatkan adalah mengalahkan diri sendiri. Maksudnya adalah, tanpa disadari terkadang kita sering kali dihalangi oleh mental block diri sendiri yang membuat kita jadi terhambat untuk melangkah kedepan dalam kehidupan kita. Sering kita bermimpi atau menyusun planning untuk kehidupan yang lebih baik. Tapi itu semua akan menjadi sebuah rencana belaka atau mimpi disiang bolong, karena takut memulai langkah – mengambil tindakan untuk mewujudkannya.
Dari film ini kita juga belajar yang namanya personal mastery. Disini diceritakan bahwa jaden smith yang memerankan sebagai dre, yang tadinya sering dipukuli oleh teman sebayanya hingga dia berhasil menjuarai kompetisi karate. Tentu bukan dalam waktu sekejap dia bisa menguasai semua jurus – jurus kungfu tersebut. Dalam film, kita bisa melihat bagaimana Dre ( jade smith )  dilatih oleh Han ( Jackie Chan). Di awal latihan terlihat dia menyerah tapi karena ketekunan dan kedispilinan diri yang pada akhirnya mengantarkan Dre bisa menjadi seorang juara karate, meski terluka karena dicurangi oleh lawan tandingnya.

Point pembelajaran lainnya yang menginspirasi saya ketika percakapan antara Han dan Dre dimana Han berkata, “Life will knock us down, but we can choose whether we want to get back up or not.” Dalam hidup akan selalu menjatuhkan atau mengalahkan kita, tetapi kita bisa memilih apakah kita mau bangkit atau tidak. Ketika kita jatuh dalam keterpurukan, kita bisa memilih untuk merasa menjadi korban dan menyalahkan hidup yang sungguh tidak adil. Konsekuensinya, kita tidak akan bisa mengubah apa pun karena kita telah mengembangkan sikap pasrah tanpa mau berbuat apa pun untuk memperbaikinya.
Dan yang paling menjadi pembalajaran untuk kedisiplinan kita pada saat (jacki chan) han melatih dre (jaden smith) menyuruh untuk terus mengulang ulang menaruh pakaian nya dan menjatuh kannya kembali begitu terus sampai dmn jaden smith merasakan titik yang sangat jenuh dan jaden pun kesal dan akhirnya protes ke gurunya ingin berhenti dari perguruan karena merasa bosan dan merasa apa yg diajarkan guru nya tidak bermanfaat lalu akhirnya jade smith tidak sadar ternyata dia menguasai teknik bela diri bertahan yg hebat kesimpulan nya jangan pernah merasa bosan dengan ilmu karena semua kesuksesan itu butuh proses perjalanan tidak sesingkat atau semudah yang kita bayang kan
                                                  

               Sekian ringkasan singkat tentang vidio kedua yang di tayangkan




No comments:

Post a Comment